PANDUAN UJIAN PRAKTIK
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MADRASAH ALIYAH PESANTREN CIPARI
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
A. Latar Belakang
Pelaksanaan Ujian Praktik Khususnya untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang akan dilaksanakan bulan Maret 2013, maka perlu kiranya setiap guru TIK untuk mempersiapkan diri demi kelancaran kegiatan ujian praktik. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Ujian Akhir Madrasah yang diselenggarakan oleh setiap sekolah, disamping itu bahwa kegiatan Ujian Praktik Mata Pelajaran teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu syarat kelulusan.
Pelaksanaan kegiatan Ujian Akhir praktik ini diatur oleh penyelenggara UAM, UAMBN dan Ujian Nasional di Sekolah yang didasari oleh pedoman pelaksaaan ujian sekolah Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2013.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengatur ketercapaian standar kompetensi kelulusan, untuk itu perlu dibuat suatu panduan pedoman penskoran penilaian praktik mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk tingkat KKM Tahun 2013, baik dalam penilaian afektif dan psikomotor, dengan harapan mempunyai persepsi dan kriteria yang sama dalam membuat laporan penilaian terhadap peserta didik.
B. Dasar Hukum
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.03 Th. 2013 tentang kriteria Kelulusan peserta didik dari satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah dan Ujian Nasional.
- Keputusan BSNP No. 0020/P/BSNP/I/2013 tentang prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Tahun 2012/2013.
C. Maksud dan Tujuan:
Penyusunan program ini pada dasarnya memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut:
- Menjadi panduan bagi pelaksanan kegiatan ujian praktik Teknologi Informasi dan Komunikasi lebih terarah, terencana dan terkoordinasi.
- Memudahkan pengawasan Kepala Madrasah dan panitia dalam pelaksanaan Ujian Praktik.
- Mengevaluasi personal yang terlibat dalam proses pendidikan untuk selanjutnya memperbaiki segala kekurangan.
- Memiliki suatu pedoman dan standar yang sama dalam memperbaiki penilaian ujian akhir mata pelajaran Teknologi dan Komunikasi di Tingkat KKM Tahun 2013.
D. Ruang Lingkup
Ruang Lingkup Ujian Praktik Mata Pelajaran Teknolog Informasi dan Komunikasi tahun 2013 adalah :
- Membuat dokumen surat resmi dengan mail marge pada program aplikasi Ms-Word.
- Mengirimkan dokumen surat yang telah dibuat dengan menggunakan Email disertakan pada Attacment File.
- Mengolah Nilai Statistik dan Matematis pada Ms Excel.
- Membuat slide presentasi dengan materi slide dari materi mapel Geografi Bab 5 & 6 kelas XII
E. Peserta
Perserta Ujian Praktik Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di MA Pesantren Cipari diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas XII Tahun pelajaran 2012/2013.
F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan Ujian Praktik dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15-16 Maret 2013 dan bertempat di Lab. Komputer MA Pesantren Cipari.
G. Pengujian
Pengujian pada kegiatan Ujian Praktik dilakukan oleh guru mata pelajaran TIK, dibantu staf TU untuk menyiapkan sarana prasarana.
Cipari, Pebruari 2013
Guru Mapel TIK
Nasyrul Fu’adz, S.S.
NIP. --
SPESIFIKASI UJIAN PRAKTIK
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program : IPS
Bentuk Soal : Tes Praktik
Bentuk Penilaian : Praktik
No.
|
Standar Kompetensi
|
KD dan
Kompetensi yang diujikan
|
Indikator
|
No. Soal
|
1.
|
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
|
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
|
Siswa Mampu membuat dokumen Ms Word ( Mail Mage)
|
1
|
2.
|
Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
|
Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi
Mengirimkan file Surat resmi yang sudah dibuat dengan Ms-Word melalui Email.
|
Siswa mampu mengirim email yang disertai lampirannya.
|
2
|
3.
|
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka
|
Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi
Membuat tabel daftar nilai siswa.
|
Siswa mampu mengolah daftar Nilai dengan Ms Excel (SUM, AVERAGE, IF, COUNT/A,COUNTIF
,MAX,MIN. |
3
|
4
|
Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi
|
Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
|
Siswa mampu membuat slide presentasi yang intraktif.
|
4
|
No Soal
|
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
1.
|
Membuat Kop Surat Pada Header
|
20
|
2.
|
Kerapihan Ketikan Surat
|
20
| |
3.
|
Membuat basis data
|
20
| |
4.
|
Menggabungkan basis data dengan lembar ketikan surat
|
20
| |
5.
|
Menampilkan data
|
10
| |
6.
|
Ketepatan waktu pengerjaan
|
10
| |
JUMLAH
|
100
|
No. Soal
|
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
2.
|
1.
|
Kesesuaian subjek
|
30
|
2.
|
Terdapat lampiran file
|
50
| |
3.
|
Ketepatan waktu pengiriman
|
20
| |
JUMLAH
|
100
|
No. Soal
|
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
3.
|
1.
|
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Jumlah Total Nilai
|
10
|
2.
|
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi AVERAGE (Rata-rata)
|
10
| |
3.
|
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi AND ( Ket. True dan False)
|
10
| |
4.
|
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Count/a ( Jumlah data)
|
10
| |
5.
|
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Max ( Nilai tertinggi)
|
10
| |
6.
|
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Min ( Nilai terendah)
|
10
| |
7.
|
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi IF (Siswa yang lulus/tidak)
|
20
| |
8.
|
Kerapihan pembutan tabel pada dokumen
|
10
| |
9.
|
Ketepatan waktu pengerjaan soal
|
10
| |
JUMLAH
|
100
|
No Soal
|
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
4.
|
1.
|
Kesesuaian isi denga tema yang dipilih
|
20
|
2.
|
Kesesuaian Jumlah Slide dengan yang ditentukan
|
20
| |
3.
|
Adanya penyisipan gambar, animasi, slide transition, sound dan musik
|
50
| |
4.
|
Timing yang tepat
|
10
| |
JUMLAH
|
100
|
Cipari, Pebruari 2013
Guru Mapel TIK
Nasyrul Fu’adz, S.S.
NIP. --
Tidak ada komentar:
Posting Komentar